Heboh, Warga Lingkungan Jawaro Datangi Rumah Elzaki Malam-Malam

  • Whatsapp
Warga Lingkungan Jawaro

Luwu, Portal-News.co.id – Heboh, Warga Lingkungan  Jawaro, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan mendatangi rumah Elzaki, Jumat malam (8/1/2021) sekitar pukul 20:00 (WITA).

Dari pantauan dilokasi, kedatangan warga tersebut untuk menghadiri persiapan Acara Aqikah, yang akan diselenggarakan pada hari sabtu pagi, tanggal 9 Januari 2021 pukul 10:00 (WITA).

Read More

Pasalnya, warga bertadatangan kerumahnya Elzaki atau Ucu sapaan akrab Bapak Elzaki untuk mempersiapkan segala kebutuhan hari esok.

Bahkan dari beberapa warga, khususnya para lekaki yang remaja maupun orang dewasa. Sedang berdiskusi sambil meminum kopi dan makan kue, hingga menanti terbitnya mentari pagi.

Terlihat sejumlah anak-anak remaja sedang asyik bermain domino sebagai bentuk kebiasaan di daerah-daerah lainnya sebagai bentuk hiburan dan menunggu kepulangan orang tua-orang tuannya.

Misalnya Asmil, atau sapaan akrab Bapaknya Almira saat dimintai tanggapnnya menjelaskan bahwa.

“Acara Aqiqah, dan acaranya besok pagi. Upacara aqiqah biasanya dilakukan dengan prosesi penyembelihan hewan ternak seperti kambing, yang lalu dibagi-bagikan kepada keluarga dan tetangga. Secara bahasa, aqiqah memiliki arti “memotong” yang berasal dari bahasa arab “al-qat’u”. Terdapat juga definisi lain aqiqah yaitu “nama rambut bayi yang baru dilahirkan”. Kata Asmil pria kelahiran lingkungan jawaro yang dikenal sebagai musisi senior Japik Band.

Kata dia lagi, “Nah biasanya juga kegiatan Aqiqah diikuti dengan acara syukuran atau acara tasyakuran Aqiqah oleh keluarga. Acara Syukuran Aqiqah yang membedakan hanyalah jumlah kambing yang dikurbankan untuk aqiqah. Atas Kelahiran anak adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu setiap keluarga, terutama kepada kedua orang tua kandungnya”.

“Aqiqah adalah suatu acara yang dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas kelahiran anak, jika acara aqiqah untuk anak perempuan. Maka potong satu ekor kambing, jenis kambingnya apa saja diterima. Selebihnya dari keterangan Hukumnya”. Kunci Asmil. (ZB)

Related posts