Portal News Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Reportase di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
portal-news

Luwu, Portal-News.co.id – Berbagai kegiatan tengah dilakukan di bulan suci ramadhan, mulai dari bagi-bagi takjil, olahraga, workshop, mobile online (Zoom) dan lain-lain.

Namun kali ini di moment ramadhan 2021 M/1442 H media Portal News di bawah naungan PT. Zahabi Intermedia Bassiang Group (PT ZIB Group) yang bergerak di dunia informasi dan publikasi membuat gebrakan lagi setelah fakum pada dua tahun lalu.

Read More

Adapun kegiatan ini nantinya, adalah sebagai bentuk pembekalan karakter kepada mitra pers untuk lebih memahami peran media dan profesi pers yang semakin marak.

Dimana kegiatan pelatihan Jurnalistik & Reportase 2021 diprakasai oleh CEO Portal News Zainuddin Bundu Soada, SE atau sapaan akrab Ajis Portal, dan beberapa teman-teman se- profesi Jurnalis di bidang Audio Visual (Televisi). Dan sudah mengikuti tahapan uji kompetensi wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh IJTI dan Dewan Pers, yang bertemakan : Jurnalis Profesional, Good Goverment.

CEO Portal News yang juga sebagai Ketua Media Gathering di Malino belum lama ini, mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan untuk ikut Pelatihan Jurnalistik dan Reportase 2021. Sebagai bentuk transparansi dan percepatan pembangunan di kabupaten luwu.

Zainuddin Bundu alias Ajis mengatakan pelatihan jurnalistik dan reportase ini terbagi beberapa sesi, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23, 24 dan 30 April 2021 di Hotel Subur Belopa dan terbuka untuk masyarakat umum.

“Terbuka untuk semua, dan penutupan pendaftaran tanggal 19 April 2021 di kantor redaksi Portal News hingga pukul 16:00 (WITA) di Jalan Poros Topoka, Depan SMAN 1 Belopa, Kel. Senga, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan”. Kata Ajis, Minggu malam (18/4/2021).

“Sebab menurutnya semua orang punya hak yang sama dimata publik, namun ada rambu-rambu yang harus diperhatikan. Terutama dalam memahami Undang-undang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Fungsi Pengawasan. Sebagai upaya untuk memberikan wawasan maupun pengetahuan kepada masyarakat, dalam rangka memerangi peredaran hoax dan penyalagunaan profesi pers”.

Ajis menambahkan, selain pelatihan jurnalistik kami juga mengadakan diskusi publik tentang Regulasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, dan PKI Nomor 1 Tahun 2017. Sebagai amanah Undang-Undang Dasar 1945, dan akan diisi oleh pemateri yang merupakan wartawan senior.

“Kita ingin mengajak masyarakat itu untuk menulis, karena menulis itu mudah, seperti tema yang kita sampaikan dalam kegiatan pelatihan jurnalistik ini. Pematerinya nanti ada wartawan senior, dari kota makassar maupun lokal yang telah menggeluti dunia jurnalistik selama puluhan tahun. Baik media masa (Cetak) maupun elekronik (visual)” ujarnya.

Sebab, kegiatan ini dapat memberikan asas manfaat terutama dalam menumbuhkan literasi khususnya bagi bagi pemula, ditengah kemajuan dan perkembangan era teknologi. Agar gemar dan memahami cara menulis. Selain itu, kegiatan jurnalistik ini untuk meminimalisir beredarnya informasi atau berita bohong (hoax) yang disampaikan melalui media sosial” Tuturnya.

Penulis: Sukardi

Editor: Esse

Related posts