Proyek Bernilai Ratusan Juta, Ditambal Pakai Karung Gabah

  • Whatsapp

Luwu, Portal-News.co.id – Proyek bernilai ratusan juta, diitambal pakai Karung Gabah. Diketahui dengan adannya laporan warga sekitar yang mempertanyakan kualitas proyek tersebut. Selasa (23/2/2021).

Pekerjaan Pemasangan Gorong-gorong itu terletak di wilayah Desa Sampeang – Kaili, Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan di Ikat dengan Karung Gabah.

Menurut keterangan yang dihimpun, pelebaran ruas jalan Sampeang – Kaili, Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu itu. Dikabarkan telah rampung pada awal bulan Desember 2020 lalu.

Namun pekerjaan tersebut, justru ditemukan hanya asal-asalan yang disambung dengan menggunakan Karung Gabah.

Sementara itu, Ketua FP2KEL Kabupaten Luwu Ismail Ishak saat dikonfirmasi menambahkan bahwa “Apa yang disampaikan oleh PPK dari kegiatan tersebut hanya mendengarkan alasan dari pelaksana kegiatan tanpa melihat langsung pekerjaan tersebut”.

“Jangan-jangan PPKnya tidak pernah melihat langsung pekerjaan pada saat sementara berjalan”. Imbuh Ismail

Tambah Ismail “Buktinya pekerjaan ini sudah selesai dan masih dalam peliharaan tapi tidak mengetahui kalau ternyata sambungan gorong-gorong hanya di ikat dengan Karung Gabah”.

“Harusnya menggunakan semen atau dicor itu sambungan antara gorong-gorong biar lebih kuat, bukan dilapis dengan karung”

Lanjutnya lagi “Akan tetapi kenyataanya Mala tidak seperti yang disampaikan oleh PPK dari pekerjaan tersebut, terbukti bahwa yang di tutupi karung gabah sambungan gorong-gorong yang tidak diberi semen/cor”. Ucap Ketua Forum Pemuda Pemantau Kinerja Eksekutif & Legislatif (FP2KEL) Kabupaten Luwu, Ismail Ishak.

Tak hanya itu, dari hasil konfirmasi kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PU Luwu, Elwi, ST pekerjaan tersebut menjelaskan bahwa “Sambungan gorong-gorong tersebut diberi campuran semen dulu sebelum ditutup karung supaya campuran semennya tidak terkena sirtu/tanah”. Kata Elwi Rabu siang (24/2/2021) pukul 12:43 (WITA).

Lanjutnya lagi “Akan tetapi kenyataanya Mala tidak seperti yang disampaikan oleh PPK dari pekerjaan tersebut, terbukti bahwa yang di tutupi karung gabah sambungan gorong-gorong yang tidak diberi semen/cor”.

“Pekerjaan pelebaran ruas jalan Desa Sampeang – Kaili itu menelan anggaran APBD Tahun 2020 senilai Rp. 770.000.000,- Jutaan lebih, menyuruh rekanannya untuk segera memperbaiki bila ada kerusakan karena pekerjaan tersebut masih dalam masa pemeliharaan yang tersisa 5 persen. Kuncinya

Sekedar diketahui, Pekerjaan Pemasangan Gorong-gorong. Ruas jalan itu di Kerja oleh CV. Michela. Oleh pihak kontraktor. (ZB)